Obat Tradisional Untuk Sakit Gigi Pada Ibu Hamil

Obat Tradisional – Saat sakit gigi menyerang, ibu hamil harus jeli dan sangat hati-hati dalam memilihi obat yang akan dikonsumsi agar tidak memberikan efek samping yang berbahaya pada janin dalam kandungan. Jika perlu lakukan konsultasi dengan dokter kandungan ketika sakit gigi yang di derita tidak kunjung sembuh. Tapi perlu diketahui juga bahwa ibu hamil sangat rentan terserang sakit gigi dan gusi. Hal ini disebabkan larena hormon kehamulan yang membuat gusi pada gigi menjadi lebih sensitif. Di bawah ini ada beberapa Obat Tradisional Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang pastinya aman dikonsumsi selama masa kehamilan seperti :

sakit gigi pada ibu hamil
Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang merah mempunyai kandungan antiseptik dan anti mikroba yang sangat berguna untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi yang disebabkan oleh adanya infeksi. Caranya dengan mengunyah sepotong bawang merah untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, tapi jika ibu hami tidak sanggup mengunyah bawang merah cukup dengan letakkan sepotong bawang merah di tempat atau gusi yang sakit untuk meredakan nyeri yang dirasa.

Sedangkan bawang putih mengandung asam amino aliin saat dihaluskan atau dipotong, asam ini kemudian berubah menjadi alisin. Alisin merupakan zat yang berfungsi sebagai antibakteri dan anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan pada gusi dan rasa nyeri pada gigi. Caranya dengan menggerusnya sampai halus dan tambahkan sedikit garam kemudian letakkan di gigi yang terasa nyeri. Cara ini bisa dilakukan bukan hanya untuk ibu hamil tapi juga untuk siapa saja yang menderita sakit gigi.

Merica dan Garam

Campuran antara merica dengan garam bisa menjadi alternatif pilihan untuk meredakan sakit gigi yang menyerang tiba-tiba. Kandungan anti-inflamasi dan analgesik di dalamnya bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi yang sakit. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam dan merica, lalu oleskan campuran tersebut dengan sikat gigi pada bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit kemudian berkumurlah sampai bersih, Lakukan cara ini setiap hari selama gigi masih sakit.

Daun Jambu

Daun jambu selain dikenal sebagai obat diare, ternyata berkhasiat juga untuk mengurangi sakit gigi pada ibu hamil. Karena daun jambu mempunyai kandungan anti mikroba, anti-inflamasi dan analgesik yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada gigi dan gusi yang dialami oleh ibu hamil. Ibu hamil bisa mengunyah 1 lembar daun jambu muda yang sudah dicuci bersih sampai lembut pada bagian gigi yang terasa nyeri. Atau bisa juga dengan merebus beberapa lembar daun jambu dengan 2 gelas air sampai menyusut menjadi setengahnya, kemudian simpan sampai dingin dan gunakan untuk berkumur setiap pagi dan malam selama gigi masih sakit.

Cengkeh

Karena manfaat lain dari cengkeh ialah selain untuk menyedapkan makanan ternyata cengkeh juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit pada gigi. Kandungan zat aktif eugenol dalam cengkeh merupakan pereda nyeri alami, dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh pada area yang terasa nyeri dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri yang terjadi. Rasanya yang hangat akan menenangkan rasa nyeri pada gusi atau gigi sehingga sakit pun akan berangsur membaik. Penting juga bahwa pemakaian yang tepat dan sesuai bisa memberikan manfaat yang lebih maksimal.

tradisionalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *