Kenali Manfaat Lain Dari Tanaman Adas Untuk Tubuh Kita

adasResep Obat Tradisional – Tanaman Adas dengan bahasa latin Foeniculum vulgare mill ini merupakan sembilan tumbuhan obat yang dianggap di anglo-saxon, tepatnya di Indonesia, tanaman ini sudah dibudidayakan karena selain bisa dijadikan sebagai obat, tanaman ini juga bisa dijadikan bumbu masakan.

Tanaman adas mempunyai siklus pertumbuhan dimulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1.800mdpl. Tapi tanaman ini akan tumbuh lebih baik ketika ditanam pada daerah dataran yang lebih tinggi. Tanaman adas ini berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Setelah diketahui manfaatnya, tanaman ini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia, India, Argentina, Eropa, dan Jepang. Tanaman ini tergolong pada tanaman yang berumur panjang, memiliki tinggi 50 cm sampai 2 m, tumbuh merumpun, dan memiliki manfaat dimulai dari bagian batang, daun sampai bijinya.

Kandungan dan komposisi dari tanaman adas

Komposisi atau kandungan zat kimia yang ada tanaman adas ini diantaranya 50-60% anetol, minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, 20% fenkon, asam anisat, felandren, finen, limonen, anisaldehid, dipenten, metilchavikol, dan 12% minyak lemak. Karena adanya kandungan anetol ini menyebabkan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif. Akar adas mengandung bergapten dan biji nya mengandung stigmasterin (seposterin).

Jadi bisa disimpulkan bahwa tanaman adas ini mempunyai cukup banyak kandungan dan komposisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Beberapa diantaranya bisa menjadi pereda nyeri, menurunkan kadar asam urat tinggi, anti mulas, pelega mulas, pelega perut, penambah rasa yang alami, mengatasi batuk, sariawan dan lain sebagainya. Selengkapnya bisa anda simak dibawah ini tentang manfaat tanaman adas untuk kesehatan.

Khasiat Lain Dari Tanaman Adas Untuk Kesehatan

bagian-tanaman-adas

Mengatasi haid yang tidak teratur

Bahan yang diperlukan >> adas 1/2 sendok teh, daun dan bunga srigading masing-masing 1/5 genggam, jintang hitam 3/4 sendok teh, pulosari 1/2 jari, bunga kesumba kering 2 kuntum, jeruk nipis 2 buah, gula batu sebesar telur ayam dan cuci, dipotong seperlunya. Cara membuatnya, semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 1/4 gelas air, lalu angkat dan saring, minum 3 kali sehari, dengan masing-masing 3/4 gelas. Keracunan tanaman obat atau jamur siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gram, kemudian seduh dengan setengah cangkir arak, minum selagi hangat.

Mengobati sariawan

Siapkan 3/4 sendok teh adas, ketumbar, daun iler 1/5 genggam, daun saga 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam. daun sembung 1/4 genggam, pegagan 1/4 genggam, daun ketut 1/6 genggam, pulosari 3/4 jari, rimpang lempuyeung wangi 1/2 jari, rimpang kunyit 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari, gula merah 3 jari, kemudian cuci dam potong seperlunya. Setelah dingin, kemudian saring dan siap untuk diminum secara rutin 3 kali sehari, sebanyak 3/4 gelas.

Sesak nafas

Ada dua cara tanaman adas dalam mengobati seak nafas ini. Cara yang pertama anda bisa menyiapkan bahan seperti 1/2 sendok teh adas, 1/4 jari pulosari, 2 jari rimpang kencur, 1 jari rimpang temulawak, 1/4 sendok teh jintang hitam, 1/4 genggam daun poncosudo, 3 jari gula merah, lalu cuci dan potong juga semua bahan seperlunya. Kemudian rebus semua bahan dengan 4 1/2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin, saring dan siap untuk diminum sehari 3 kali masing-masing 3/4 gelas. Dan cara yang kedua dengan mengambil minyak adas sebanyak 10 tetes dan diseduh dengan 1 sendok makan air panas. Minum selagi hangat, secara rutin 3 kali sehari.

Batuk-batuk

Untuk mengobati batuk juga ada dua cara, yang pertama siapkan serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih. Setelah dingin lalu saring dan tambahhkan 1 sendok teh madu. Aduk sampai rata, minum sekaligus. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, sampai batuk benar-benar sembuh. Cara yang kedua anda bisa siapkan daun saga 1/4 genggam, bunga kembang sepatu 2 kuntum, daun poko 1/5 genggam, bunga tembelekang 10 kuntum, bawang merah 2 butir, adas 1 sendok teh, pulosari 1 jari, rimpang jahe 1 jari, gula merah 3 jari, lalu potong dan cuci seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Jika sudah dingin, minumlah dan lakukan ini secara rutin masing-masing 1/2 gelas.

Batu empedu

Serbuk buah adas sebanyak 5 gr diseduh dengan 1 cangkir air panas. Minum segera selagi obat masih hangat.

Tanaman adas ini merupakan salah satu tanaman yang bisa menghasilkan minyak yang dihasilkan dari proses suling serbuk-serbuk buah adas yang sudah matang dan kering. Minyak yang dihasilkan dari adas ini terdiri dari 2 jenis yakni minyak adas manis dan pait. Adas sebagai tanaman herbal yang mempunyai sifat menyembuhkan ini dijadikan sebagai bahan baku dalam industri pembuatan obat-obatan, salah satunya seperti minyak telon. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita, Semoga Bermanfaat :))

 

tradisionalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *