Khasiat Tanaman Herbal Alang-Alang Untuk Kesehatan

Obat Tradisional | Tanaman alang-alang yang bisa juga di sebut dengan ilalang, tanaman yang tak asing lagi bagi kebanyakan orang. Namun hanya saja mereka tidak tau khasiat herbal dari tanaman ini untuk kesehatan. Tanaman yang mudah dijumpai ini merupakan jenis tanaman perdu rumput-rumputan yang biasa tumbuh di area persawahan, kebun, ladang, atau sisi jalan yang kering dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Karena tumbuh liar, tanaman ini kerap disebut sebagai gulma atau tanaman pengganggu dan dibabat habis untuk sekedar pakan ternak.

tanaman alang-alang

Taukah anda? ternyata tanaman ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan manusia. Khasiat alang-alang ini suda banyak diketahui oleh para ahli herbal. Sehingga banyak yang menggunakan herbal alang-alang untuk pengobatan atau sebagai jamu. Dan bagian dari tanaman alang-alang yang bisa digunakan untuk pengobatan ialah akar, batang dan bunganya.

Beberapa penelitian mengenai tanaman alang-alang, perdu ini mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh. Tanaman alang-alang ini mengandung manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol. arundoin, anemonin, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Semua kandungan diataslah yang menjadikan tanaman alang-alang ini bersifat untuk menurunkan panas atau sebagai antipiretik, meluruhkan kemih atau kemampuan diuretik, menghentikan pendarahan yang sering di kenal dengan kemampuan hemostatik, dan juga menghilangkan keluhan tenggorokan kering.

Menurut seorang ahli pengobatan Tradisional dan akupuntur Prof Hembing, khasiat dari tanaman alang-alang ini bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan semacam batu ginjal, infeksi ginjal, kencing batu, batu empedu, buang air kecil yang tidak lancar, atau buang air kecil yang terus menerus, kencing darah, prostat, keputihan, batuk rejan, batuk darah, dan juga mimisan.

Selain untuk pengobatan diatas, tanaman alang-alang ini juga memiliki khasiat untuk mengobati pendarahan pada wanita, demam, penyakit campak, radang hati, penyakit hepatitis, hipertensi, urat saraf melemah, penyakit asma, radang paru-paru, penyakit jantung koroner, gangguan pencernaan dan juga diare.

Bagian yang sering digunakan untuk obat medis ialah bagian akarnya. Menurut penelitian, akar alang-alang dengan dosis 250-300 gram, 2x pagi dan sore bisa menyembuhkan 27 kasus dari 30 penderita nefritis akut. Pada nefritis kronis, herbal alang-alang bisa mengurangi edema dan menurunkan tekanan darah.

Itulah beberapa khasiat alang-alang yang bisa digunakan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Tidak salah jika menyimpan sedikit akar alang-alang di rumah dan bisa mencoba mempraktekan penggunaanya, agar bisa merasakan khasiat herbal dari alang-alang dan hidup menjadi lebih sehat. Semoga Bermanfaat:))

tradisionalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *