Obat Sariawan Tradisional Yang Bisa Dicoba Sendiri Di Rumah

sariawanResep Obat Tradisional untuk sariawan ini akan sangat bermanfaat terutama bagi anda yang sering menderita sariawan atau dalam bahasa medis disebut sebagai stomatitis yakni terjadinya lendir mulut berupa bercak putih kekuningan dengan permukaan yang cekung. Meskipun terdengarnya sepele, namun seseorang yang menderita sariawan akan merasa terganggu. Karena sariawan akan menimbulkan rasa sakit/nyeri di berbagai bagian mulut yang terserang sariawan, seperti mulut bagian luar, mulut bagian dalam, dekat gusi, bagian lidah, di langit-langit, dinding mulut dan sebagainya. Sehingga penderita akan kesulitan untuk mengunyah dan menelan makanan dan nafsu makan pun akan menurun.

Sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya kebersihan mulut, luka karena tergigit, memakan makanan yang terlalu pedas atau panas, karies gigi, pemasangan kawat gigi, alergi terhadap pemakaian lipstik atau pasta gigi yang tidak cocok, pemasangan gigi tiruan, kekurangan vitamin C, dan juga kebiasaan merokok. Sariawan juga bisa disebabkan akibat infeksi kuman di rongga mulut, baik itu bakteri, virus, jamur, ataupun parasit. Dan sariawan juga bisa menjadi indikator adanya penyakit pada sistem pencernaan, kelainan hormon, stres, dan berbagai kondisi yang berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia. Sudah tau apa saja obat tradisional yang ampuh untuk mengobati sariawan? Simak selengkapnya…

Obat Sariawan Tradisional Yang Bisa Dicoba Sendiri Di Rumah

lidah buayaBagi anda yang sering menderita sariawan atau anda sedang mengalami sariawan, jangan perlu khawatir karena sariawan bisa diobati dengan bahan-bahan alami tradisional yang mudah ditemukan di sekitar kita. Obat Tradisional yang selain murah juga terbukti ampuh alami tanpa menimbulkan efek samping bagi pengkonsumsinya. Diantaranya sebagai berikut:

1. Lidah buaya
Lidah buaya memliki sifat anti abkteri, anti jamur, anti inflamasi, dan membantu proses regenerasi sel. Zat yang terkandung pada lidah buaya seperti enzim, mineral, vitamin, polisakarida, asam amino, dan zat lainnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Cara mengobati sariawan dengan lidah buaya ialah dengan menyiapkan beberapa batang lidah buaya, lalu iris dan ambil lendir/cairannya. Oleskan lendir tersebut pada daerah yang terkena sariawan secara teratur 3x dalam sehari.

2. Jeruk nipis
Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat ini sangat berkhasiat sebagai obat sariawan tradisional. Caranya, siapkan 1 buah jeruk nipis, lalu iris dan ambil airnya campurkan pada 1 gelas air hangat. Minum air tersebut bisa juga digunakan untuk berkumur.

3. Yogurt
Yogurt atau susu yang sudah difermentasikan dengan bantuan bakteri baik ini sangat bermanfaat untuk menetralkan bakteri jahat khusunya dalam rongga mulut dan meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga menjadi sangat efektif sebagai obat sariawan tradisional. Caranya minumlah yogurt secara rutim 2z dalam sehari.

4. Air garam
Air gara bisa digunakan sebagai obat sriawan karena memiliki sifat mengikat cairan dan mengeringkan luka. Caranya, campurkan 1 sendok garam pada 1 gelas air hangat, gunakan air tersebut untuk berkumur dan lakukan secara teratur 3x dalam sehari.

5. Air kelapa
Obat sariawan yang selanjutnya ialah air kelapa karena memiliki kandungan elektrolit alami yang bisa meredakkan sariawan. Caranya berkumur dengan air kelapa atau meminum air kelapa.

Selain dengan obat sariawan seperti diatas, anda juga bisa melakukan pencegahan sariawan yakni dengan selalu menjaga kebersihan mulut, menghindari makanan yang terlalu panas dan pedas, menjaga kebersihan gigi, dan berhati-hati dalam mengunyah makanan untuk menghindari tergigit pada area sekitar mulut. Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan harus selalu menciptakan pikirang yang tenang untuk menghindari stres. Perbanyak juga mengkonsumsi buah-buahan terutama buah yang mengandung vitamin C dan cukupi asupan kebutuhan cairan minimal 8 gelas dalam sehari.

Jika sariawan anda sudah diobati tetapi tidak kunjung sembuh, dan malah bertambah parah, sebaiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar tahu apa yang menjadi penyebab sariawan yang tidak kunjung sembuh. Semoga Bermanfaat :))

tradisionalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *