Serba Serbi Buah Pare Untuk Atasi Penyakit Diabetes

Resep Obat Tradisional || Buah Pare Untuk Penyakit Diabates – Buah pare sudah banyak dikenal untuk membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes. Menurut penelitian, buah pare ini mungkin berperan dalam mengendalikan produksi insulin oleh tubuh, yang akhirnya mempromosikan pengendalian gula darah. Selain dari itu penelitian juga menunjukkan buah pare bisa meningkatkan penyerapan sel glukosa, mempromosikan pelepasan insulin, dan membuat efek insulin menjadi lebih kuat.

Buah Pare Untuk Penyakit Diabates

buah pare

Manfaat Dari Menurunkan Gula Darah

Terdapat 3 kelompok senyawa dalam pare yang ditemukan oleh para peneliti yang bekerja menurunkan gula darah, yakni sebagai berikut:

1. Charantin, merupakan campuran senyawa steroid yang ditemukan lebih efektif dari salah satu obat hipoglikemik oral.
2. Polipeptida, sama dengan insulin, menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Alkaloid yang ada pada pare memiliki efek untuk menurunkan gula darah.
3. Asam oleanolic glikosida, senyawa ini sudah ditemukan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes tipe ll dengan cara mencegah penyerapan gula dari usus, mengkonsumsi pare juga telah dikaitkan dengan efek peningkatan jumlah sel beta di prankeas, dan hasilnya meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi insulin.

Cara Mengkonsumsi Pare Untuk Diabetes

  • Cara yang paling mudah mengkonsumsi pare ini bisa dengan menambahkannya ke dalam tumisan. Tapi bisa juga dikonsumsi sebagai makanan atau minuman seperti direbus, dibuat jus pare segar, atau tingtur. Orang dengan penyakit diabetes bisa mengkonsumsi satu buah pare yang berukuran kecil atau 2 ons untuk jus pare segar, 3x setiap hari.
  • Suplemen makanan yang berbahan dasar pare mungkin sudah tersedia seperti dalam bentuk kapsul atau dalam bentuk makanan lainnya.
  • Tidak lupa untuk selalu cek glukosa anda.

Efek Samping Pare Untuk Diabates

Pare bisa ditoleransi jika digunakan dengan tepat. Jika terlalu banyak mengkonsumsi buah pare pada penderita diabetes mungkin akan sangat menurunkan gula darah pada tingkat hipoglikemia(tingkat gula darah di bawah normal), yang akan menimbulkan gejala seperti pusing, penglihatan kabur, sempoyongan, kelelahan, sakit kepala atau rasa lapar yang konstan. Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi jus buah pare bisa mengiritasi saluran pencernaan yang bisa membuat sakit perut bahkan diare.

Mengkonsumsi Buah Pare

Hanya dokter yang bisa memberi tahu berapa banyak buah pare yang perlu anda konsumsi untuk mengontrol penyakit diabetes anda. Hal ini karena dosisnya yang tergantung dari berbagai faktor termasuk berat badan, usia dan juga status kesehatan. Untuk itu, diskusikan dengan dokter mengenai penggunaan pare atau suplemen untuk mengatur kadar gula darah anda.

Peringatan dan Perhatian

  • Pare juga bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, melawan infeksi dan demam rendah.
  • Pare tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau menyusui karena dipercaya bisa menyebabkan menstruasi.
  • Beberapa orang melaporkan telah menderita gangguan pencernaan setelah mengkonsumsi pare.
  • Jika dimakan dengan obat diabtes mungkin bisa menyebabkan hipoglikemia, jadi konsultasikan kembali dengan dokter anda.

Semoga Bermanfaat:))

tradisionalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *